Senin, 07 September 2015

Resep Membuat Bakso Daging

Resep Membuat Bakso Daging - Bakso daging sapi memang jajanan paling umum di Indonesia. Aromanya yang mengepul dari pancinya si abang bakso memang selalu bikin niat diet gagal ndak keruan. Jadi dari dulu saya memang ingin sekali punya resep membuat bakso daging sapi sendiri, yang bisa kenyal bagus seperti bakso langganan di Lampung dulu.

Membuat  bakso daging sapi yang kenyal kuncinya ada di teknik membanting-banting dan penggunaan es batu saat mengulennya. Untuk kekenyalan yang lebih baik, bisa digunakan pengenyal alami seperti karagen yang aman karen terbuat dari rumput laut.

resep membuat bakso daging

Resep Membuat Bakso Daging Sapi


Ndak sabar? Monggo dicoba Resep Membuat Bakso Daging Sapi ala Aneka Resep Masakan Daging Sapi kali ini yaa.


Bahan :
  • Daging giling 500 gram
  • Kanji 300 gram
  • es batu 100 ml
  • 1/2 sdt karagen
  • bawang bombay 1 ukuran sedang
  • bawang putih 2 siung haluskan
  • garam dan lada secukupnya
  • kaldu bubuk bila suka

Tahapan Resep Membuat Bakso Daging Sapi 

  1. Blender hingga halus bawang putih dan bombay dengan sedikit es batu
  2. Bila menggunakan food processor, masukkan daging, garam , lada, karagen, bawang putih dan bombay halus dan es batu. Bila menggunakan blender biasa, giling daging sedikit2 lalu dicamput dengan semua bahan lain kecuali kanci di baskom terpisah.
  3. Uleni dengan kanji sedikit demi sedikit.
  4. Masukkan adonan dalam plastik bening, lalu banting-banting di telenan sampai terlihat berubah tekstur (serat dagingnya hampir hilang).
  5. siapkan air banyak di panci, didihkan.
  6. Setelah air mendidih, kecilkan api hingga air tidak bergolak. Ini untuk memastikan baksonya kenyal sempurna dan tidak banyak berongga.
  7. Masukkan adonan ke tanan, dan sembulkan dengan menekannya lewat ibu jari dan jempol, ambil adonan yang keluar dari tangan dengan sendok makan, dan masukkan ke panci.
  8. Lakukan hingga adonan habis. Angkat bakso setelah mengapung.
Demikian resep membuat bakso daging yang mudah dan pastinya lebih sehat karena dibuat sendiri dirumah, tanpa pengawet dan zat2 berbahaya yang mungkin terdapat pada bakso yang sering kita beli. Dicoba yaaa..!

0 komentar

Posting Komentar